Dokter Tak Boleh Jadi Bintang Iklan

Mahasiswa kedokteran, wajib memahami kode etik profesi yang kelak menjadi panduan bertugas. Pemahaman itu, secara menyeluruh akan menghindari kesalahan saat menangani pasien.

”Sebagai contoh, di dalam etika profesi ini, dokter dilarang menjadi bintang iklan. Kecuali iklan untuk layanan masyarakat, yang memang bertujuan nonprofit.

Atau semata bermotivasi meningkatkan derajad kesehatan warga,” tutur Ketua Majelis Kode Etik Kedokteran (MKEK) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Jateng, dokter Bantuk Hadijanto, di kampus Untag baru-baru ini.

Dia, hadir sebagai narasumber seminar Medikolegal Iklan dan Publikasi Pelayanan Kesehatan, yang diselenggarakan program doktor ilmu hukum (PDIH) Untag.

Selain Bantuk, hadir narasumber Koordinator LP2K Ngargono, mantan Anggota KPI Pusat yang juga Dosen Untag, M Riyanto dengan moderator Ketua Prodi Forensik dan Medikolegal FK Undip dokter Gatot Suharto. Hadir pula guru besar ilmu hukum Prof Dr Sarsintorini Putra.

Boleh Beriklan

Menurut Bantuk sesuai kode etik dokter tetap boleh beriklan. Yang tidak diperkenankan adalah menjadi bintang iklan. Larangan ini, juga untuk menjaga martabat profesi. ”Kalau pun dokter harus beriklan telah diatur sesuai etika periklanan.

Harus jujur, dan bertanggungjawab,” urainya. Dengan mematuhi kode etik dan aturan maka bisa dihindari promosi kesehatan yang menyesatkan.

Sementara itu Riyanto mengakui kebanyakan masyarakat memiliki keterbatasan informasi. Padahal informasi itu penting, mendorong warga mendapat pelayanan yang baik.

Peran pemerintah dibutuhkan memberikan tambahan layanan itu. Sementara Ngargono menggarisbawahi iklan tidak dipermasalahkan asalkan tidak menyesatkan, atau menyalahi kode etik atau norma profesi.

Sekretariat Prodi

  • Jl. Pemuda 70 Semarang 5013
  • Telp/Fax 024 – 86400797.
  • Hari/Jam kerja : Senin s/d Sabtu
  • Waktu: Setiap jam kerja

Kontak Person

  • Dr. Mashari, SH., MHum (081390887335)
  • Dr. Sri Mulyani, SH., MHum (081226870968)

Rekening

No. rekening: BNI 0888170845
an. PDIH UNTAG SEMARANG

Data Kunjungan

Hari iniHari ini47
KemarinKemarin67
Minggu iniMinggu ini199
Bulan iniBulan ini2045
TotalTotal32937