Kajian Hukum Kesehatan Berkembang Pesat

Guru besar UNTAG Prof Dr. Liliana Tedjosaputro berpandangan, dewasa ini kajian ilmu hukum kesehatan berkembang sangat pesat. Tak hanya dari sisi akademik, melainkan juga dinamika yang melingkupi ilmu ini.

“Misalnya, dengan kemunculan jual beli organ tubuh manusia. Kasus ini tentu harus menjadi kajian pihak kampus, baik dari sisi keilmuan maupun penerapan sanksi bagi pelaku bila ternyata melanggar ketentuan.” Kata Kebua Program Magister Ilmu Hukum itu, di sela-sela membuka forum diskusi hukum kesehatan di Kampus Merah Putih, kemarin.

Liliana menyatakan, ruang lingkup studi keilmuah ini juga cukup luar. Karena itu, dia memita civitas academica terus mengasah kompetensi.

“Termasuk menelaah semua perkembangan terkini tentang hukum kesehatan. Contoh maraknya jual eli oragan tubuh, jelas tak boleh lepas dari pengamatan dosen maupun mahasiswa yang terlibat dalam perkuliahan ini,” ungkapnya.

Dia sangat setuju diperbanyak diskusi untuk mempertajam wawasan di dalam kampus. Diskusi yang digelar di lantai III FH Untag itu, juga dihadiri Prof. Dr. Sarsintorini Putra, pakar hukum Untag Dr. Dyah Anggraeni, dan Dr. Mashari.

Ahli Kedokteran Forensik Undip dr. Gatot W Suharto sebagai moderator, dengan penyaji makalah spesialis penyakit dalam dr. Ita Murbawani dan dr. Agung Hadi Pramono. Forum itu juga dihadiri mahasiswa Fakultas Kedokteran Tri Sakti, UPN Veteran, UKI, dan Undip.

Ita mengakui perkembangan tranplantasi organ tubuh maju pesat. Didukung kecanggihan teknologi, praktik kedokteran kini merambah cangkok hati, ginjal, bahkan jaringan otot maupun syaraf.

Penelitian mencatat ketika keberhasilan cangkok organ tubuh makin berhasil, permintaan juga meningkat. Persoalannya, lingkungan upaya penyembuhan pasien ini disalahgunakan melalului cara-cara ilegal.

Agung menambahkan, perdagangan organ tubuh manusia merupakan kejahatan. Aksi ini tak bisa dilakukan perseorangn, melainkan melibatkan sindikat. Munculnya kasus ini juga dikarenkan sedikitnya ketersediaan donor, sementara permintaan tinggi.

Sekretariat Prodi

  • Jl. Pemuda 70 Semarang 5013
  • Telp/Fax 024 – 86400797.
  • Hari/Jam kerja : Senin s/d Sabtu
  • Waktu: Setiap jam kerja

Kontak Person

  • Dr. Mashari, SH., MHum (081390887335)
  • Dr. Sri Mulyani, SH., MHum (081226870968)

Rekening

No. rekening: BNI 0888170845
an. PDIH UNTAG SEMARANG

Data Kunjungan

Hari iniHari ini0
KemarinKemarin131
Minggu iniMinggu ini1129
Bulan iniBulan ini3912
TotalTotal55364