Akademisi Inginkan Penuntasan Kasus Vaksin Palsu

     Ketua Program Doktor Ilmu Hukum (PDIH) Untag Prof Dr Sarsintorini Putra, meminta kemunculan kasus vaksin palsu yang sempat ramai diberitakan segera dituntaskan. Sebab, ini menyangkut keselamatan jiwa publik yang kemungkinan mengkonsumsi vaksin abal-abal. Mereka yang sudah terlanjur memakainya juga bisa terganggu kesehatannya. ”Harus ada ketegasan dari pemangku kepentingan.Tuntaskan kasus ini,supaya masyarakat merasa dilindungi dari hal-hal serupa di kemudian hari,” tutur guru besar ilmu hukum kesehatan itu, pada media di Gedung PDIH kompleks Pemuda kemarin.

Sarsintorini menyatakan belum banyak orang yang merasa menjadi korban vaksin palsu. Kendati demikian persoalan ini tak boleh lalu diabaikan. Mereka yang sudah terbukti memperjualbelikan vaksin dan mengaku meraciknya harus dihukum berat. Selebihnya kian bagus bila dari mereka bisa ditelisik sampai ke akar-akarnya mengenai kemungkinan sindikasi dalam kasus ini.

Menguatkan

     ”Pada dasarnya vaksin adalah juga untuk membantu menguatkan daya tahan tubuh. Sistem kekebalan tubuh manusia ikut dibentuk dengan diberikannya vaksin. Tapi bagaimana kemudian kalau yang dikonsumsi itu ternyata obat palsu,” urainya.

     Terlebih, belum diketahui pasti sejak kapan pelaku pengedar vaksin palsu,terutama yang sudah tertangkap di Ibukota menjalankan praktek kriminal. Apabila mereka sudah beroperasi bertahun-tahun maka selama itu pula konsumen yang terlanjur memakainya rawan dihinggapi penyakit. Tubuh tak terlindungi antibodi lantaran salah konsumsi obat. ”Saya juga melihat orang yang mengedarkan vaksin berbahaya ini bisa dikenai Pasal 197, 198, dan 199 Undang-Undang Kesehatan. Selain itu Pasal 62 Undang-Undang Perlindungan Konsumen,”urai Sarsinto. Penuntasan kasus ini sekaligus memberikan jaminan rasa aman di tingkat masyarakat.

Sekretariat Prodi

  • Jl. Pemuda 70 Semarang 5013
  • Telp/Fax 024 – 86400797.
  • Hari/Jam kerja : Senin s/d Sabtu
  • Waktu: Setiap jam kerja

Kontak Person

  • Dr. Mashari, SH., MHum (081390887335)
  • Dr. Sri Mulyani, SH., MHum (081226870968)

Rekening

No. rekening: BNI 0888170845
an. PDIH UNTAG SEMARANG

Data Kunjungan

Hari iniHari ini47
KemarinKemarin67
Minggu iniMinggu ini199
Bulan iniBulan ini2045
TotalTotal32937