Notice: Undefined offset: 1 in /home/pdih/public_html/templates/pdih1/library/Artx/Content/SingleArticle.php on line 95

PERKUAT INTEGRITAS PERANGI KORUPSI

Bangsa Indonesia butuh mengembangkan nilai-nilai integritas yang mencakup perilaku jujur, etis, transparan, dan bertanggngjawab. Sebab, nilai itu modal untuk memerangi korupsi yang masih merebai di negeri ini.

“Tekad rakyat lepas dari jeratan korupsi sepertinya masih menemui rintangan. Meski demikian, masyarakat tak boleh gentar lantaran korupsi tetap bisa diperangi dengan membangun integritas bangsa,” tutur mantan Ketua KPK Busyro Muqodas di hadapan mahasiswa lintas universitas pada forum sekolah integritas di Fakultas Hukum Untag, baru-baru ini.

Acara yang dihadiri mahasiswa Undip, Unnes, dan Untag itu dibuka Dekan Dr. Edy Lisdyono. Tampak pula wakil Dekan Untag Leksono dan Ketua BEM FH Untag Syafiq M. Busyro mengakui integritas bisa ditumbuhkan dari kesadaran masyarakat untuk tak berbuat curang.

 

Ketika semua orang membiasakan jujur, maka fenomena korupsi, kolusi, dan nepotisme akan bisa ditekan. Perang melawan korupsi butuh pula penggalangan kekuatan. Kampus wajib andil dalam menumbuhkan sikap moral dosen serta mahasiswa.

Dosen ilmu hukum pidana UII itu sekaligus meminta aparat pemerintah bertindak jujur. “Banyak sebenarnya teladan yang bisa dijadikan contoh mengenai integritas aparatur penegak huku. Saya punya kawan seoran ghakim. Dia hendak disuap saat memutuskan perkara. Namun karena integritasnya sudah terbagnun, tawaran itu ditoak hingga palu diketuk,” tutur Busyro.

Contoh lain, keteladanan tersbut ditunjukkan pengacara Yap Thiam Hien. Integritasnya yang tinggi menjadikannya lebih memilih membela kaum jelata dan rakyat tertindas. Dia bahkan dikenal sebagai patron dalam menyingkap ketidakadilan. Teladan lain, ikut diberikan jaksa dan polisi yang menjunjung tinggi sumpah profesinya.

“Meski terdapat juga beberapa oknum di antara aparat pemerintah. Tapi saya yakin tetap masih banyak yang jujur,” urai mantan anggota KY ini.

Sekretariat Prodi

  • Jl. Pemuda No. 70 Semarang 50133
  • Telp/Fax 024 – 86400797.  
  • Email pdih@untagsmg.ac.id
  • Hari/Jam kerja : Senin s/d Sabtu
  • Waktu: Setiap jam kerja

Kontak Person

  • Dr. Mashari, SH., MHum       (081390887335)
  • Dr. Sri Mulyani, SH., MHum  (081226870968)

Rekening

No. rekening: BNI 0888170845
an. PDIH UNTAG SEMARANG

Data Kunjungan

Hari iniHari ini9
KemarinKemarin109
Minggu iniMinggu ini92
Bulan iniBulan ini1195
TotalTotal74943