Pemeringkatan PT Berbasis Riset

Pemerintah akan membuat pemeringkatan perguruan tinggi (PT) berbasis pada riset. Ini semacam ukuran sejauh mana kampus berhasil menekuni penelitian dengan baik. Kinerja riset penting, karena juga menjadi tuntutan tridharma perguruan tinggi.

“Nanti akan bisa diketahui bagamana kampus menjalankan riset dengan baik. Sejauh mana para dosen memberikan kontribusi penelitian terhadap kampus dan masyarakat,” tutur Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Dikti Prof Ocky Karna Radjasa PhD, di Untag, Sabtu (16/4).

Acara itu dihadiri Rektor Untag Dr. Suparno dan Ketua Yayasan Pembina Untag Prof. Dr. Sarsintorini Putra. Dia sekaligus menyemangati dosen PTS ini untuk meningkatkan kontribusiterhadap penelitian. Menurut Ocky, riset mendorong kualitas daya saing bangsa. Sebab, dari penelitian yang intensif akan lahir inovasi, temuan, dan sumbang saran untuk kemajuan.

 

“Sayang, di berbagai kampus konstribusi dosen terhadap penelitian masih rendah. Rasionya paling banyak hanya 30 persen yang aktif meneliti dari 100 persen dosen di kampus itu,” ungkap Ocky.

Disediakan dana

Pihaknya berkeinginan meningkatkan partisipasi yang rendah hingga mencapai lebih dari 50%. Dia menjelaskan, peringkat riset di Indonesia masih diduduki PTN dan lembaga penelitian ternama. Jajaran lima besar adalah ITB, UI, UGM, IPB, dan LIPI.

Pemerintah tak hanya menuntut semua kampus berlomba-lomba dalam riset. Lebih dari itu, juga disediakan dana untuk memacu penelitian. Terdapat berbagai skema pendanaan bagi peneliti dari dalam kampus. Dana itu bila dimanfaatkan sebaik-baiknya, bisa dipakai untuk menciptakan riset berkualits. Nilainya mulai dari 50 juta hingga 250 juta untuk setiap judul penelitian.

“Kami masih akan menyediakan model baru pendanaan riset, yaitu pasca doctor, sosio humaniora, dan karya cipta seni. Riset seni bertujuan mendorong dosen-dosen di bidang ini menciptakan karya unggul,” tuturnya.

Ke depan Kemristek Dikti juga akan mempermudah pertanggungjawaban laporan keuangan penyelenggaraan riset. Banyak keluhan dosen, waktu habis menyususn laporan anggaran daripada mengerjakan penelitian sesuai ketentuan. Laporan pertanggungjawaban dibutuhkan, karena melaksanakan riset merupakan bagian dari pekerjaan lelang barang dan jasa.

Sekretariat Prodi

  • Jl. Pemuda 70 Semarang 5013
  • Telp/Fax 024 – 86400797.
  • Hari/Jam kerja : Senin s/d Sabtu
  • Waktu: Setiap jam kerja

Kontak Person

  • Dr. Mashari, SH., MHum (081390887335)
  • Dr. Sri Mulyani, SH., MHum (081226870968)

Rekening

No. rekening: BNI 0888170845
an. PDIH UNTAG SEMARANG

Data Kunjungan

Hari iniHari ini0
KemarinKemarin131
Minggu iniMinggu ini1129
Bulan iniBulan ini3912
TotalTotal55364