Visi Fakultas Hukum UNTAG Semarang

Visi Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Semarang, yaitu:

Menjadi Fakultas Hukum Terdepan dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Indonesia dalam menghasilkan Sarjana Hukum yang bermartabat, berdaya saing berlandaskan Nasionalisme pada Tahun 2020”.

Indikator kejelasan dan realistis dari visi adalah:

Terdepan:

Artinya bahwa Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Semarang akan selalu menjadi pelopor dan pada posisi paling depan dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkualitas berbasis nilai-nilai nasionalisme.

Unggul:

Artinya bahwa sebagai sebuah Fakultas Hukum yang bermutu,mampu membawa setiap dosen/tenaga kependidikan dan mahasiswanya mencapai kemampuan yang dapat diukur dengan ketersediaan sarana dan prasarana, gedung, perpustakaan, laboratorium, tempat ibadah, jumlah dosen dan mahasiswa dalam capaian prestasi dibidangnya, dan menanamkan budaya akademik berdasarkan nilai-nilai nasionalisme. Unggul dalam bidang penelitian/riset dibangun untuk pengembangan keilmuandan budaya berbasis nasionalisme dan untuk masyarakat.

Adapun keunggulan di bidang pengabdian kepada masyarakat, akan menjaga dan meningkatkan kualifikasi unggul yang selama ini sudah berlangsung melalui participatory action research (PAR), danmodel Asset-Based Community Development (ABCD) secara terpadu. Terkait denganpenelitian dan pengabdian kepada masyarakat tersebut, maka Fakultas Hukum akan melakukan manajemen knowledge secara memadai baik dalam bentuk cetak biru maupun berbasis internet (online) sesuai dengan standar nasional.

Bermartabat:

Artinya bahwa Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Semarang sebagai sebuah pendidikan tinggi hukum akan selalu taat asas dan diperhitungkan dikancah pergaulan pendidikan tinggi di Indonesia, dan alumninya memiliki jiwa nasionalis, harga diri yang dapat diukur dengan peran serta lembaga dan alumni dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Berdaya Saing:

Artinya bahwa Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Semarang mempunyai kemampuan dalam bersaing dengan Fakultas Hukum lainnya baik dalam skala nasional maupun regional yang dapat diukur dengan prestasi di bidang akademik, manajemen kelembagaan, kualitas sumber daya manusia, karya-karya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, kompetensi lulusan serta adanya pengakuan kelembagaan Fakultas hukum Universitas 17 Agustus 1945 Semarang yang tercermin dalam kerjasama kemitraan baik dengan lembaga pemerintah maupun swasta.

Nasionalisme:

Artinya bahwa Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Semarang selalu mengedepankan pendidikan dan penanaman rasa cinta tanah air bagi sivitas akademikanya. Fakultas HukumUniversitas 17 Agustus 1945 Semarang menghasilkan sarjana hukum yang bangga/cinta bangsa dan tanah airnya dan selalu menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan. Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Semarang juga menghasilkan sarjana hukum yang bermoral Pancasila, sarjana hukum yang mampu membentuk watak bangsa yang kukuh untuk memupuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma Pancasila.


Misi Unit Pengelola Program Studi Doktor

Misi Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Semarang, yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Ilmu Hukum untuk menghasilkan Sarjana Hukum yang bermartabat dan berdaya saing berlandaskan nasionalisme.
  2. Melakukan penelitian hukum yang berguna bagi pengembangan IPTEK, dan pembangunan ilmu hukum.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang mendorong kesadaran hukum masyarakat, mendukung pembangunan daerah, dan pembangunan nasional.
  4. Melakukan pengelolaan program studi fakultas yang komprehensif dengan melakukan kerjasama dalam dan luar negeri.

Tujuan UnitPpengelola Program Studi Doktor

Tujuan Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Semarang, yaitu:

  1. Menghasilkan Sarjana Hukum yang bermartabat dan berdaya saingberlandaskan nasionalisme.
  2. Menghasilkan penelitian hukum yang berguna bagi pengembangan IPTEK, dan pembangunan ilmu hukum.
  3. Membentuk masyarakat sadar hukum yang mendukung pembangunan daerah, dan pembangunan nasional.
  4. Mewujudkan suasana akademik yang komprehensif serta menghasilkan kerjasama dalam dan luar negeri.

Sasaran dan strategi pencapaian

Sasaran Fakultas Hukum 2016-2020 Universitas 17 Agustus 1945 Semarang:

  1. Tersedianya Lulusan Sarjana Hukum yang bermartabat dan berdaya saing berdasarkan nasionalisme.
  2. Tersedianya hasil penelitian yang berguna bagi pengembangan IPTEK, dan pembangunan ilmu hukum.
  3. Terbentuknya masyarakat sadar hukum yang mendukung pembangunan daerah, dan pembangunan nasional.
  4. Terwujudnya suasana akademik yang komprehensif.

 

Strategi pencapaian

Visi melalui hirarki perencanaan, sebagaimana yang ditentukan dalam  Keputusan Yayasan Pembina Pendidikan 17 Agustus 1945 Semarang Nomor:006/SK/Yay/B/VII/2014 tentang Statuta Universitas 17 Agustus 1945 Semarang, yang menyatakan Dokumen Perencanaan Universitas 17 Agustus 1945 Semarang terdiri atas Rencana Induk Pengembangan (RIP), Rencana Strategis Pengembangan (RSP) dan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA).

Universitas 17 Agustus 1945 Semarang menyusun Rencana Induk Pengembangan  Tahun 2010-2030, sebagaimana diatur dalam Keputusan Pengurus Yayasan Pembina Pendidikan 17 Agustus 1945 Semarang Nomor: 006/SK/Yay/B/VII/2014 tentang Statuta Universitas 17 Agustus 1945 Semarang, yang terdiri dari 4 (empat) tahapan:

  1. Tahun 2010 - 2014 : Pengembangan Kapasitas Manajemen dan Mutu Sumber Daya          Manusia yang Profesional dan Kompeten.
  2. Tahun 2015 - 2019 : Pemantapan Manajemen Kelembagaan dan Sumber Daya     Manusia yang Unggul, Bermutu dan Sejahtera.
  3. Tahun 2020 - 2024 : Pencapaian Kualitas Pengembangan Lembaga dan Sumber    Daya Manusia Berdaya Saing Nasional dan Internasional.
  4. Tahun 2025-2030 : Penguatan Daya Saing Lembaga dan Sumber Daya Manusia             yang Unggul, Mandiri dan Berbudaya.

Berdasarkan tahapan Pengembangan Universitas 17 Agustus 1945 Semarang pada tahun 2015 – 2019 sebagai Pemantapan Manajemen Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia yang Unggul, Bermutu dan Sejahtera, meliputi:

  1. Pemantapan Institusi;
  2. Pemantapan Bidang Pendidikan;
  3. Bidang Penelitian;
  4. Bidang Pengabdian kepada Masyarakat;
  5. Peningkatan Budaya Penjaminan Mutu;
  6. Meningkatkan Mutu dan Peran Program Magister;
  7. Meningkatkan Mutu dan Peran Program Doktor;
  8. Peningkatan Sarana Penunjang Pendidikan;
  9. Penguatan Tata Kelola yang Baik (Good Governance).

Selanjutnya Universitas 17 Agustus 1945 Semarang  menyusun Rencana Strategis Universitas 17 Agustus 1945 Semarang yang dijadikan dasar strategis pencapaian Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Fakultas Hukum.

Strategi pencapaian Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Fakultas Hukum dilakukan dengan merumuskan Rencana Strategis Pengembangan dan Rencana Operasional tahun 2016 s/d 2020, yang dituangkan dalam Keputusan Dekan Nomor: 100/SK/A.12/II/2015 tentang Rencana Strategis Pengembangan dan Rencana Operasional Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Semarang. Rencana Strategi tersebut ditetapkan dengan berorientasi ke masa depan, mengingat akhir-akhir ini pengaruh globalisasi dapat menyebabkan lunturnya supremasi hukum, lunturnya moral dan munculnya budaya korupsi. Oleh karenanya perlu ditanamkan kepada mahasiswa untuk mempertahankan cinta tanah air dengan menjunjung tinggi supremasi hukum dan pembangunan hukum nasional. Agar tumbuh rasa cinta tanah air, patriotisme, dan mencintai produk hukum dan melaksanakannya, dengan tetap mengutamakan  norma dasar (groundnorm), Pancasila dan budaya bangsa sendiri. Oleh karenanya visi, misi,  diaplikasikan dalam  kurikulum dengan mata kuliah-mata kuliah yang mendukung visi, misi, baik untuk program sarjana, program magister maupun program doktor.

Hasil pencapaian tersebut dipengaruhi secara signifikan oleh faktor pertama, peraturan sebagai landasan hukum (legal standing) dalam penyelenggaraan kegiatan akademik dan non akademik, kedua sumber daya manusia, ketiga prasarana dan sarana, dan keempat budaya mutu.

Sasaran yang digunakan sebagai indikator kinerja adalah:

  1. Kelembagaan, jumlah program studi yang dikelola fakultas;
  2. Jumlah alumni yang sebanding dengan mahasiswa yang masuk;
  3. Jumlah penelitian yang didanai oleh dana hibah dari Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi yang semakin meningkat dan memadai;
  4. Jumlah hasil riset yang dipublikasikan, diterapkan semakin banyak;
  5. Jumlah HKI yang dimiliki semakin bertambah;
  6. Meningkatnya kualitas mahasiswa baru;
  7. Besarnya tingkat tanggung jawab sosial

 

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya serta tahapan waktu

Arah Fakultas Hukum sebagai pendidikan tinggi hukum ke depan adalah:

  1. Menjadi Fakultas Hukum penelitian kelas nasional yang berperan sebagai pelopor serta garda terdepan dalam menjawab permasalahan lokal dan nasional untuk meningkatkan kesejahteraan dan daya saing bangsa melalui karya yang diakui dan dihormati oleh masyarakat nasional;
  2. Menghasilkan lulusan yang berdaya saing nasional, bermartabat, memiliki integritas dan berjiwa nasionalis.

Untuk mencapai tujuan sebagai Fakultas Hukum yang menghasilkan Sarjana Hukum yang bermartabat dan berdaya saing berlandaskan nasionalisme.Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Operasional (Renop) Fakultas Hukum yang dibagi dalam jangka waktu 5 tahun. Strategi pencapaian tersebut dilakukan dengan penyusunan rencana strategi, rencana operasional, pedoman akademik, dan pedoman penulisan skripsi, tesis, dan disertasi.

 

Sekretariat Prodi

  • Jl. Pemuda 70 Semarang 5013
  • Telp/Fax 024 – 86400797.
  • Hari/Jam kerja : Senin s/d Sabtu
  • Waktu: Setiap jam kerja

Kontak Person

  • Dr. Mashari, SH., MHum (081390887335)
  • Dr. Sri Mulyani, SH., MHum (081226870968)

Rekening

No. rekening: BNI 0888170845
an. PDIH UNTAG SEMARANG

Data Kunjungan

Hari iniHari ini0
KemarinKemarin131
Minggu iniMinggu ini1129
Bulan iniBulan ini3912
TotalTotal55364