Visi dan Misi Program Studi

Visi:

”Menjadi Program Studi Ilmu Hukum Program Doktor yang menghasilkan Doktor Ilmu Hukum yang bermartabat, berdaya saing dan mampu melakukan pembangunan ilmu hukum berlandaskan Nasionalisme pada tahun 2021”.

Bermartabat artinya Program Studi Ilmu Hukum Program Doktor akan selalu taat asas dan diperhitungkan dikancah pergaulan pendidikan tinggi di Indonesia, dan semakin dipercaya oleh masyarakat dan menjadi rujukan masyarakat dalam memperoleh pelayanan pendidikan tinggi. 

Berdaya Saing, artinya Program Studi Ilmu Hukum Program Doktor menghasilkan lulusan yang menguasai dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memiliki daya saing tinggi di pasar kerja. Hal itu tentu saja sebagai hasil dari penyelenggaraan pendidikan tinggi yang berkualitas dan akan terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi.

Program Studi Ilmu Hukum Program Doktor Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Semarang mampu melakukan pembangunan ilmu hukum. Artinya lulusan Program Studi Ilmu Hukum Program Doktor Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Semarang membentuk, melaksanakan, menerapkan, menemukan, menafsirkan, meneliti, mempelajari, mengajarkan serta mengembangkan ilmu hukum dengan baik. Selain itu lulusan Program Studi Ilmu Hukum Program Doktor Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Semarang, mampu mengembangkan akal budi untuk memperoleh penguasaan intelektual atas hukum atau pemaknaan tentang hukum secara ilmiah, yakni secara sistemik, logik dan rasional, dengan menempatkan cita hukum Pancasila sebagai bagian pentingnya.

Program Studi Ilmu Hukum Program Doktor berlandaskan Nasionalisme, artinya Program Studi Ilmu Hukum Program Doktor akan selalu mengedepankan pendidikan dan penanaman rasa cinta tanah air bagi sivitas akademikanya. Program Studi Ilmu Hukum Program Doktor mencetak Doktor yang bangga/cinta bangsa dan tanah airnya dan selalu menempatkan kepentingan bangsa dan Negara di atas kepentingan pribadi dan golongan. Program Studi Ilmu Hukum Program Doktor juga menghasilkan Doktor yang bermoral Pancasila, Doktor yang mampu membentuk watak bangsa yang kukuh untuk memupuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma Pancasila.

 

Misi:

  1. Menyelenggarakan pembelajaran Ilmu Hukum yang berkualitas untuk menghasilkan Doktor Ilmu Hukum yang bermartabat, berdaya saing dan mampu melakukan Pembangunan Ilmu Hukum berlandaskan Nasionalisme pada tahun 2021.
  2. Melakukan penelitian dan penemuan pemikiran baru, untuk pengembangan IPTEK, memutakhirkan ilmu hukum.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang mendorong kesadaran hukum masyarakat, mendukung pembangunan daerah, dan pembangunan nasional.
  4. Melakukan kerjasama dalam dan luar negeri.
  5. Melakukan pengelolaan program studi secara komprehensif

 


Tujuan Program Studi :

  1. Menghasilkan Doktor Ilmu Hukum yang bermartabat, berdaya saing dan mampu melakukan pembangunan ilmu hukum.
  2. Menghasilkan penelitian dan penemuan pemikiran baru, untuk pengembangan IPTEK, pemutakhirkan hukum.
  3. Membentuk masyarakat sadar hukum yang mendukung pembangunan daerah, dan pembangunan nasional.
  4. Melakukan kerjasama dalam dan luar negeri.
  5. Menciptakan suasana akademik yang kondusif.

 

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran:

  1. Tersedianya doktor yang bermartabat, berdaya saing dan mampu melakukan pembangunan ilmu hukum berlandaskan nasionalisme.
  2. Tersedianya hasil penelitian dan penemuan pemikiran baru, untuk pengembangan IPTEK, pemutakhiran hukum.
  3. Terbentuknya masyarakat sadar hukum yang mendukung pembangunan daerah, dan pembangunan nasional.
  4. Terciptanya suasana akademik yang kondusif untuk mewujudkan program doktor yang bermartabat, berdaya saing dan mampu melakukan pembangunan ilmu hukum.

 

Strategi Pencapaian Sasaran:

  1. Strategi Pencapaian Sasaran dengan rentang waktu 5 (lima) tahunan. Rentang waktu yang ditetapkan adalah 2016 - 2021 mengikuti Renstra, Renop Fakultas Hukum, dilengkapi dengan Renstra dan Renop Program Studi.
  2. Doktor yang bermartabat selalu taat asas dan diperhitungkan di kancah pergaulan pendidikan tinggi di Indonesia, dipercaya dan menjadi rujukan masyarakat.
  3. Berdaya saing menguasai dan mampu mengembangkan IPTEK, serta memiliki daya saing tinggi di pasar kerja.
  4. Mampu melakukan pembangungan ilmu hukum artinya membentuk, melaksanakan, menerapkan, menemukan, menafsirkan, meneliti, memperlajari, mengajarkan, serta mengembangkan ilmu hukum dengan baik.
  5. Mampu mengembangkan akal budi untuk memperoleh penguasaan intelektual atas hukum atau pemaknaan tentang hukum secara ilmiah yakni secara sistemik, logik, dan rasional dengan menempatkan cita hukum Pancasila sebagai bagian pentingnya.
  6. Meningkatkan kesempatan kepada dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian, kegiatan perkuliahan, tutorial, diskusi kelompok (Focus Group Discussion), membuat tugas mandiri atau kelompok untuk penemuan pemikiran baru.
  7. Meningkatkan hasil karya ilmiah dengan memberi kesempatan kepada dosen melakukan penelitian kompetitif untuk pengembangan IPTEK, dan pemutakhiran hukum serta dipublikasikan di jurnal nasional dan internasional.
  8. Meningkatkan peran dosen dalam memberikan penyuluhan hukum dan membina masyarakat melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat.
  9. Meningkatkan jalinan kerjasama dalam semua bidang dengan instansi lain, baik pemerintah maupun swasta.
  10. Menyediakan sumber informasi baik perpustakaan maupun hotspot area.
  11. Mengembangkan dan memfasilitasi interaksi ilmiah antar dosen, antar mahasiswa serta antar dosen dan mahasiswa.
  12. Mengembangkan sistem monitoring dan evaluasi Program Studi.

Strategi Pencapaian Sasaran dilaksanakan berdasarkan Keputusan Yayasan Pembina Pendidikan 17 Agustus 1945 Semarang Nomor: 006/SK/Yay/B/VII/2014 tentang Statuta Universitas 17 Agustus 1945 Semarang,  menyatakan Dokumen Perencanaan Universitas 17 Agustus 1945 Semarang terdiri atas Rencana Induk Pengembangan (RIP), Rencana Strategis Pengembangan (RSP) dan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA).

Universitas 17 Agustus 1945 Semarang menyusun Rencana Induk Pengembangan  Tahun 2010-2030, yang terdiri dari 4 (empat) tahapan:

  1. Tahun 2010 - 2014 :  Pengembangan Kapasitas Manajemen dan Mutu Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Kompeten.
  2. Tahun 2015 - 2019 :  Pemantapan Manajemen Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia yang Unggul, Bermutu dan                  
  3. Tahun 2020 - 2024 :  Pencapaian Kualitas Pengembangan Lembaga dan Sumber Daya Manusia Berdaya Saing Nasional dan Internasional.
  4. Tahun 2025 - 2030 :  Penguatan Daya Saing Lembaga dan Sumber Daya Manusia yang Unggul, Mandiri dan Berbudaya.

Berdasarkan tahapan Pengembangan Universitas 17 Agustus 1945 Semarang pada tahun 2015 – 2019 sebagai Pemantapan Manajemen Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia yang Unggul, Bermutu dan Sejahtera, meliputi:

  1. Pemantapan Institusi;
  2. Pemantapan Bidang Pendidikan;
  3. Bidang Penelitian;
  4. Bidang Pengabdian kepada Masyarakat;
  5. Peningkatan Budaya Penjaminan Mutu;
  6. Meningkatkan Mutu dan Peran Program Doktor;
  7. Peningkatan Sarana Penunjang Pendidikan;
  8. Penguatan Tata Kelola yang Baik (Good Governance).
  9. Selanjutnya Universitas 17 Agustus 1945 Semarang menyusun Rencana Strategis Universitas 17 Agustus 1945 Semarang yang dituangkan dalam Peraturan Universitas 17 Agustus 1945 Semarang Nomor: 285/L.10.01/VIII/2010 tentang Rencana Strategi Universitas 17 Agustus 1945 Semarang. Rencana Induk Pengembangan dan Rencana Strategis Universitas tersebut dijadikan dasar strategis pencapaian Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Fakultas Hukum, yang menjadi dasar penyusunan Rencana Strategi, Rencana Operasional, Pedoman Akademik, dan Pedoman Penulisan Disertasi Program Studi Ilmu Hukum Program Doktor Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Semarang.

 

Sekretariat Prodi

  • Jl. Pemuda 70 Semarang 5013
  • Telp/Fax 024 – 86400797.
  • Hari/Jam kerja : Senin s/d Sabtu
  • Waktu: Setiap jam kerja

Kontak Person

  • Dr. Mashari, SH., MHum (081390887335)
  • Dr. Sri Mulyani, SH., MHum (081226870968)

Rekening

No. rekening: BNI 0888170845
an. PDIH UNTAG SEMARANG

Data Kunjungan

Hari iniHari ini47
KemarinKemarin67
Minggu iniMinggu ini199
Bulan iniBulan ini2045
TotalTotal32937