Forum Ilmiah Dorong Geliat Pemikiran Kampus

Universitas 17-08-1945 (Untag) Semarang menyatakan membuka keran selebar-lebarnya pelaksanaan berbagai forum ilmiah untuk makin membuka kerangka pemkiran civitas academika. Forum akademik harus terus dihidupkan supaya kampus tak kehilangan ruh.

“Sebab dari memperbanyak forum-forum ilmiah juga dapat memancing geliat pemikiran insan kampus Bisa saja kemudian muncul gagasan atau ide untuk semakin memperkuat prinsip Tri Dharma Perguruan Tinggi. PT mealui prinsip ini tidak hanya semata menyeenggarakan perkuliahan melainkan dituntut melaksanakan riset juga pengabdian masyarakat,” Kata Ketua Yayasan Pembina Pendidikan Untag, Prof Dr. Sarsintorini Putra di sela-sela diskusi ilmu hukum kesehatan di kampus Bendanduwur, baru-baru ini.

Dia mengakui, semua fakultas bahkan telah diberi keleluasaan menyelenggarakan berbagai forum akademik. Bentuknya uga beragam, mulai dari yang mengangkat tema lokal, hingga internasional. Pihaknya tak perah membatasi sepanjang forum yang diselenggarakan bertuuan memperkuat ilai-nilai kehidupan akademik.

Sarsinto juga menambahkan, pihaknya juga menggelar sebuah forum kajian ilmu hukum kesehatan secara rutin setiap bulan. Ini sekaligus bagian dari usaha menggugah kesadaran ilmiah tentang pentingnya telaah, kajian, dan diskusi terhadap persoalan keilmuan. Ilmu butuh terus digali dan dikembangkan untuk mendapatkan formula baru.

Kajian Penting

“Itu kenapa saya juga rutin hadir dalam acara yang diselenggarakan fakultas hukum ini. Harapannya, ini akan menggugah kesadaran akademis supaya masyaraakt kampus tak bosan menggali banyak pemikiran,” kata peraih doktor ilmu hukum dari UGM ini.

Disebutkan, forum ilmiah yang baru saja dilaksanakan itu membahas peroalan penyelenggaraan jaminan kesehatan oleh negara. Hal ini menjadi kajian penting kalangan kampus karena juga berkenaan mengangkat derajat kesehatan masyarakat.

Kajian itu juga membahas permasalahan tata cara pembayaran pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Kemudian sejauh mana pelayanannya terhadap warga hingga kepuasan perusahaan yang kini diharuskan membayar klaim kesehatan untuk para karyawan. Sebagaimana diketahui, sebelum terdapat aturan anyar tentang BPJS, perusahaan bebas memakai perusahaan asuransi darn manapun untuk kepentingan kesehatan tenaga kerjanya.

Sekretariat Prodi

  • Jl. Pemuda 70 Semarang 5013
  • Telp/Fax 024 – 86400797.
  • Hari/Jam kerja : Senin s/d Sabtu
  • Waktu: Setiap jam kerja

Kontak Person

  • Dr. Mashari, SH., MHum (081390887335)
  • Dr. Sri Mulyani, SH., MHum (081226870968)

Rekening

No. rekening: BNI 0888170845
an. PDIH UNTAG SEMARANG

Data Kunjungan

Hari iniHari ini0
KemarinKemarin131
Minggu iniMinggu ini1129
Bulan iniBulan ini3912
TotalTotal55364