Prof. Dr. Sarsintorini Putra, SH., MH
Ketua Program Studi
Dr. Mashari, SH., MHum
Wakil Ketua Bidang Akademik
Dr. Sri Mulyani, SH., MHum
Wakil Ketua Bidang Keuangan dan Umum

 

Saksi Ahli Tidak Boleh Memihak

Kampus tak boleh mengabaikan berbagai permasalahan yang sedang berkembang di masyarakat. Persoalan yang mengemuka, harus dicermati sehubungan memberikan jalan keluar.

”Sebagai contoh pada permasalahan hukum di Tanah Air. Akhir akhir ini mengemuka berbagai kasus hukum yang melibatkan peran saksi ahli. Saksi seharusnya tidak boleh memihak dan mengungkap fakta yang sesungguhnya,” ungkap Guru Besar Ilmu Hukum Untag Prof Dr Sarsintorini Putra dalam forum diskusi hukum kesehatan di kampus itu, baru-baru ini.

Acara itu juga dihadiri Dekan FH Untag Dr Edy Lisdiyono. Ketua Program Doktor Ilmu Hukum Untag itu mengemukakan, faktanya terdapat saksi ahli yang memihak. Kondisi semacam ini, ujar dia, perlu mendapat perhatian. Kampus boleh mendiskusikan atau mengkaji persoalan itu, sebagai bagian memberikan kontribusi untuk keilmuan.

Keterangan Dokter

Dokter di bidang Ilmu Forensik Undip Gatot Suharto yang menjadi narasumber mengemukakan, saksi ahli dibutuhkan berkenaan dengan upaya mencari kebenaran sejauh yang dapat dicapai manusia. ”Bantuan yang diberikan dokter sebagai saksi ahli, misalnya menjadi alat bukti yang sah. Ini mengacu pada Pasal 185 KUHAP,” tuturnya. Keterangan dokter itu bisa disampaikan lisan ataupun tulisan.

Adapun bukti yang disampaikannya, akan membantu pengadilan atau proses penyelesaian sengketa alternatif. Posisi mereka dalam mengungkapkan fakta harus independen. Praktisi Hukum Sri Setiawati menekankan, saksi ahli dibutuhkan mengungkap suatu perkara. Keterangan mereka akan menjadi alat bukti sah di persidangan. Pasal 28 dan 184 KUHAP mengatur kedudukan saksi ahli di mata hukum.

”Hanya KUHAP memang tidak menyebutkan kriteria yang jelas siapa saksi ahli. Dengan perkembangan teknologi pesat, tidak terbatas banyak keahlian yang dapat memberi keterangan agar perkara terungkap dengan terang,” ucapnya.

Sekretariat Prodi

  • Jl. Pemuda 70 Semarang 5013
  • Telp/Fax 024 – 86400797.
  • Hari/Jam kerja : Senin s/d Sabtu
  • Waktu: Setiap jam kerja

Rekening

No. rekening: BNI 0888170845
an. PDIH UNTAG SEMARANG

Kontak Person

  • Dr. Mashari, SH., MHum (081390887335)
  • Dr. Sri Mulyani, SH., MHum (081226870968)

Data Kunjungan

Hari iniHari ini38
KemarinKemarin35
Minggu iniMinggu ini208
Bulan iniBulan ini1014
TotalTotal27323