Prof. Dr. Sarsintorini Putra, SH., MH
Ketua Program Studi
Dr. Mashari, SH., MHum
Wakil Ketua Bidang Akademik
Dr. Sri Mulyani, SH., MHum
Wakil Ketua Bidang Keuangan dan Umum

 

Kekayaan Intelektual Dorong Kemandirian


Kekayaan intelektual yang dimiliki manusia akan mendorong kemandirian suatu bangsa. Semakin banyak dan beragam kekayaan itu , juga ikut menaikkan daya saing masyarakat.

 

 

 

"Kekayaan intelektual sekaligus kunci ketahanan ekonomi negara maju. Ini berkenaan dengan perputaran perekonomian dunia ternyata dikuasai oleh asset harta benda bergerak tak berwujud (intangible). Kekayaan intelektual bagian paling dominan dari asset ini, “ tutur dia di Fakultas Hukum Untag Semarang, kemarin.

Alumnus UGM itu, hadir bersama Direktur Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual Badan Ekonomi Kreatif Dr. Robinson Sinaga untuk kian mendorong pemahaman akademisi berkenaan kekayaan intelektual.

Hadir Rektor Untag Dr. Suparno, Dekan Fakultas Hukum Dr. Edy Lisdiyono, serta Ketua Program Doktor Ilmu Hukum Prof.Dr. Sarsintorini Putra.
Selebihnya hadir para dosen dan mahaiswa. Forum ini sepenuhnya digagas oleh Sentra HKI dan FH Untag.               

Sajuga memberikan gambaran untuk memudahkan pemahaman tentang kekayaan intelektual.  Pada prinsipnya kekayaan intelektual adalah hasil olah piker otak manusia yang dapat menghasilkan produk atau jasa yang bermanfaat. Contoh kekayaan intekektual yang telah diakui, misalnya batik, tarian tradisional, hingga khasiat rempah-rempah di Indonesia untuk bahan jamu tradisional.

Lebih jauh bila diperbandingkan dengan kekayaan sumber daya alam, maka kekayaan intelektual lebih lestari. Adapun kekayaan alam, suatu saat menipis bahkan habis. “Untuk itu betapa pentingnya kekayaan intelektual. Mari bersama-sama menggali atau menciptakan ragam intelektual yang bisa membuat Indonesia semakin disegani, mandiri dan sejahtera, “ ajak Sajuga. Robinson menambahkan daya kreativitas yang tercipta melalui intelektualitas manusia menjadi bagian mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Presiden Joko Widodo bahkan telah menggaungkan era ekonomi kreatif yang diinginkan menjadi tulang punggung bangsa. Itu mencakup pada sector aplikasi digital, arsitektur, desain komunikasi visual, busana, film, animasi, fotografi, kriya, dan kuliner. Lalu juga musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televise dan radio.

Sekretariat Prodi

  • Jl. Pemuda 70 Semarang 5013
  • Telp/Fax 024 – 86400797.
  • Hari/Jam kerja : Senin s/d Sabtu
  • Waktu: Setiap jam kerja

Rekening

No. rekening: BNI 0888170845
an. PDIH UNTAG SEMARANG

Kontak Person

  • Dr. Mashari, SH., MHum (081390887335)
  • Dr. Sri Mulyani, SH., MHum (081226870968)

Data Kunjungan

Hari iniHari ini38
KemarinKemarin35
Minggu iniMinggu ini208
Bulan iniBulan ini1014
TotalTotal27323